One Day Trip Nusantaride Ride and Roast Cibodas


Seperti yang pernah saya sampaikan sebelumnya bahwa Nusantaride mengadakan acara gathering mengusung tema Ride and Roast di Cibodas.


Pukul 06.00

Persiapan singkat secukupnya karena memang perjalanan kali ini tidak begitu jauh. Perjalanan dimulai dari rumah di sekitaran lenteng agung menuju depok diteruskan ke cibinong. Karena niat awalnya tidak mau melalui jalan raya bogor, ketika sampai cibinong motor saya arahkan menuju cietereup. Sempat tersesat, bertanya dan beberapa kali memutar arah, namanya juga berpetualang. Hehehe.


 



Penambang Pasir Cihanjawar
Petualangan saya teruskan menuju Pasir Mukti dan disaat melewati salah satu jembatan laju motor saya hentikan. Jembatan ini diberi nama Cihanjawar, Sukamakmur. Selain pemandangan indah yang ditawarkan, ada hal lain yang menarik perhatian saya. Di bawah jembatan ini dilakukan penambangan pasir oleh warga sekitar dengan cara menyaring aliran air sungai tersebut. Dengan peralatan canggih? Tentu saja tidak, masih sederhana bermodalkan karung plastik sebagai alat saringnya.



Saya sempat berdikusi dengan salah seorang warga setempat yang berprofesi sebagai pengemudi mobil pengangkut pasir dari jembatan tersebut. Pasir yang mereka kumpulkan jumlahnya tidak terlalu banyak dan mereka hanya menjualnya ke warga yang memerlukan untuk membangun rumah. Awalnya saya berpikir mereka menjual ke proyek hambalang, ternyata tidak. Hehehe.













 








-bersambung-